Pasis Seskoau Asal Australia Terpikat dengan Pesona Yogyakarta

   01 Seskoau KKLN 2018 YOGYAKARTA - Pada 2 hingga 4 Juli 2018, perwira siswa dari Seskoau Angkatan Ke-55 TP 2018 melaksanakan Kuliah Kerja Kedua (KKII). Tahun ini, KKII dilaksanakan di tiga tempat, dimana rombongan Pasis TNI melaksanakan kunjungan ke Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) dan Komando Operasi Angkatan Udara II (Koopsau II), sedangkan Pasis Negara Sahabat (PNS), mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Rombongan PNS terdiri dari tujuh perwira siswa dari Australia, Amerika Serikat, Arab Saudi, Filipina, India, Malaysia dan Singapura yang didampingi oleh Letkol Lalu Hadi dari Stafkorsis and Dosen Australia, Letkol AU Jim Svede.
Dalam kegiatan KKII, PNS mengajukan kunjungan ke DIY sebab daerah tersebut memiliki sejumlah fasilitas utama TNI-AU, dan merupakan daerah yang kaya dengan budaya Indonesia. Pasis Negara Sahabat memanfaatkan Kuliah Kerja II untuk mengetahui lebih banyak tentang TNI-AU serta budaya Indonesia. Dalam rangka KKII, Pasis Negara Sahabat mengunjungi tiga fasilitas TNI AU di Yogyakarta sebagai berikut:  02 Seskoau KKLN 2018
Akademi Angkatan Udara (AAU). Kunjungan ke AAU memberikan Pasis Negara Sahabat pemahaman tentang sistem pendidikan perwira di TNI-AU. Pemahaman tersebut memberikan pengetahuan tentang pendidikan yang telah dilaksanakan Pasis Seskoau Angkatan Ke-55. 

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala.  Kunjungan ke Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala untuk memperdalam pemahaman dan pengetahuan tentang sejarah TNI AU.

Pangkalan Udara Adisutjipto. Kunjungan ke Lanud Adisutjipto memberikan gambaran tentang organisasi dan operasi salah satu Lanud TNI-AU.

 03 Seskoau KKLN 2018
Selain kunjungan diatas, rombongan PNS juga mengunjungi beberapa lokasi wisata utama di Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk Candi Borobudur, Candi Prambanan, Taman Sari dan lain lain. Dengan adanya kegiatan widyawisata ini, PNS dapat memahami sejarah dan budaya Indonesia, khususnya budaya Jawa. Selain dikenal sebagai kota budaya, Yogyakarta juga merupakan kota batik, kota pelajar dan kota kuliner. Semua Pasis Negara Sahabat menikmati KKII, khususnya Pasis Australia, Mayor Udara Steve O’Hara. Dia sangat terkesan dengan Candi Borodubur dan mengatakan “mengapa Candi Borodudur terkenal di dunia, karena situs ini tidak hanya penting secara budaya, tetapi juga sangat indah dan sangat damai, bahkan dengan pengunjung yang banyak sekali namun terlihat sangat teratur”.
 04 Seskoau KKLN 2018

Leave a Reply

*