Monthly Digest, March 2021Tweet

To our IKAHAN members and your families,

On behalf of IKAHAN, Defence Staff Jakarta wish you and your families a safe month of March in 2021. While our bilateral defence program remains paused for face-to-face engagement, we have been active in keeping connected virtually, especially our defence senior leaders.

Kepada anggota IKAHAN dan keluarga yang terhormat,

Atas nama IKAHAN dan staf Pertahanan Australia di Jakarta, saya ingin mengucapkan selamat menyambut bulan Maret 2021 yang aman kepada Anda dan keluarga Anda. Walaupun saat ini kegiatan bilateral Pertahanan kami tetap ditunda untuk pertemuan tatap muka, kami telah sangat aktif untuk tetap terhubung secara virtual dan menjaga hubungan antara para pemimpin senior pertahanan kita.

This month we will celebrate IKAHAN’s 10th anniversary on 24 March with a virtual Zoom call. I hope you have the time to join with us, to raise a glass to toast IKAHAN’s 10th birthday. While we would have preferred to host you all for a gala event, COVID-19 has constrained how we celebrate this important milestone. I would be sincerely grateful if you could Zoom call with us and hear some birthday messages from our Indonesian and Australian defence seniors, both active and retired.

Bulan ini kami akan merayakan Ulang Tahun IKAHAN ke-10 pada tanggal 24 Maret secara virtual melalui Zoom. Saya sangat mengharapkan kehadiran Bapak dan Ibu agar dapat bergabung untuk merayakan dengan kami, bersulang bersama untuk Ulang Tahun IKAHAN ke-10. Meskipun kami lebih menginginkan untuk menggelar acara yang meriah, COVID-19 telah membatasi cara kami merayakan Ulang Tahun ke-10 tahun ini. Saya sangat berterima kasih jika Bapak dan Ibu dapat bergabung melalui Zoom bersama kami dan menyaksikan bersama beberapa pesan ulang tahun dari petinggi pertahanan Indonesia dan Australia, baik aktif maupun purnawirawan.

To mark our 10-year anniversary we will also publish IKAHAN Kilas Balik “One Decade” where we cast back over the exercises, activities, education and training and counterpart visits and exchanges that have strengthened our friendship and partnership over the past decade. Kilas Balik 2021 is full of photographs of our defence people doing important work but most importantly sharing experiences. I’m sure you’ll love Kilas Balik “One Decade” and hope there is a photograph of you in there!”

Untuk memperingati ulang tahun IKAHAN ke-10, kami menerbitkan buku tahunan IKAHAN Kilas Balik “One Decade” di mana kita merefleksikan kembali perjalanan kegiatan bilateral kita seperti latihan, kegiatan, pendidikan dan pelatihan serta kunjungan kerja dan pertukaran mitra yang telah membangun persahabatan dan kemitraan kedua pertahanan kita selama satu dekade terakhir ini. Kilas Balik 2021 dipenuhi dengan potret anggota pertahanan kita memberikan kontribusi penting pada bidang pertahanan kita, namun yang paling penting adalah saling berbagi pengalaman. Saya yakin Bapak dan Ibu akan menyukai Kilas Balik “One Decade” dan saya berharap Anda menemukan foto Anda didalam buku ini!

In January we saw the departure of TNI staff, students and family members for long courses and secondments to Australia. We wish all our TNI friends success while serving down under on course or as instructors.

Pada bulan Januari kami menyaksikan keberangkatan anggota TNI, siswa dan keluarga dalam rangka mengikuti kursus pendidikan panjang dan penugasan ke Australia. Kami mendoakan semua sahabat TNI untuk kesuksesan dalam mengemban tugas sebagai siswa dan instruktur.

It gives me great please to also inform IKAHAN members about INDO PACIFIC ENDEAVOUR 2021 (IPE21), the flagship defence and whole-of-government maritime task group which is scheduled to visit Indonesia in late October this year. Like previous iterations of IPE through our region, IPE21 aims to build on our already strong people-to-people links, consider ways of responding to natural disasters and contingencies, demonstrate high end warfighting capabilities with our TNI partners if conditions allow, and expose our Defence members to the beauty and rich culture and heritage of Jakarta and Surabaya. We’ll keep you posted on IPE21 as the year unfolds.

Dengan penuh semangat, saya sangat senang dapat menginformasikan kepada anggota IKAHAN mengenai INDO PACIFIC ENDEAVOR 2021 (IPE21), kelompok tugas maritim utama dan unsur kementrian jajaran pemerintah yang dijadwalkan mengunjungi Indonesia pada akhir Oktober tahun ini. Seperti pada kegiatan IPE sebelumnya yang melintas di kawasan kita, IPE21 bertujuan untuk membangun hubungan antar anggota kita yang sudah kuat, mempertimbangkan cara-cara menanggapi bencana alam dan kontinjensi, menunjukkan kemampuan “high end warfighting” dengan mitra TNI kita jika kondisi memungkinkan dan memperkenalkan keindahan dan kekayaan akan budaya dan warisan Jakarta dan Surabaya kepada anggota Pertahanan Australia. Kami akan terus menginformasikan berita terkini seputar IPE21 kepada Anda.

I am certain all of you are eager to return to business as usual and we very much look forward to the opportunity for TNI personnel to travel to Australia and Australian defence personnel to travel to Indonesia when conditions allow. Sincere thank you to all our IKAHAN members in keeping connected during the COVID-19 pandemic.

Saya sangat yakin Bapak dan Ibu pasti sangat berharap dapat kembali melakukan bisnis seperti biasa dan kami sangat menantikan kesempatan bagi personel TNI melakukan perjalanan ke Australia dan personel pertahanan Australia melakukan perjalanan ke Indonesia ketika kondisi memungkinkan. Terima kasih yang tulus kami ucapkan kepada seluruh anggota IKAHAN yang menjaga hubungan selama pandemi COVID-19.

Keep in touch and I look forward to Dirgahayu IKAHAN ke-10 on 24 March. Please join our Zoom call and raise a glass to toast our membership, our friendship and future partnership. All the very best in your current appointment and my best regards to your family.

Tetap terhubung dengan kami dan saya sangat menantikan Hari Ulang Tahun IKAHAN ke-10 pada tanggal 24 Maret. Saya mengajak Anda semua untuk bergabung melalui Zoom dan bersulang bersama untuk keanggotaan kita, persahabatan kita dan kemitraan masa depan kita. Selamat bertugas dan salam hangat untuk keluarga.

Hormat saya, Justin Roocke Brigadier Australian Defence Attaché Jakarta