Persahabatan 32 Tahun Steve Gilmore & Bambang SuwartoTweet

Persahabatan 32 Tahun | Steve Gilmore & Bambang Suwarto
Kunjungan kerja ke Indonesia selalu membuat Panglima Kapal Australia Laksamana Muda Steve Gilmore terkesan. Selain banyak kenangan, kawan lama pun banyak dijumpainya di Indonesia. Hal tersebut terjadi ketika pria berkaca mata ini bertemu dengan timpalannya dari TNI Angkatan Laut (AL), Laksda TNI Bambang Suwarto, yang kini menjabat sebagai Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur, pada Minggu (17/4) siang di Surabaya.

Baik bagi Bambang maupun Gilmore, pertemuan ini bukanlah sebuah hal yang asing. Keduanya sudah berkawan sejak kali pertama bertemu pada tahun 1979, di Royal Australian Navy Naval College. "Waktu itu saya masih sebagai kadet, dan kita berada dalam satu grup yang sama," kenangnya. Pertemuan Gilmore dan Bambang berlanjut seiring jenjang karier mereka, hingga pada tahun lalu saat perhelatan "Sail Banda" di Ambon, Maluku.

Usai pertemuan, dua kawan lama tersebut saling bertukar cinderamata. Gilmore tampak antusias dengan cinderamata berupa miniatur Candi Borobudur yang diberikan oleh Bambang. Sementara Gilmore memberikan sebuah cinderamata berupa miniatur pedang, yang menurutnya dapat digunakan Bambang dalam kesehariannya bekerja di kantor. "Sebuah kejutan yang luar biasa bagi saya untuk bisa bertemu kembali dengan Pak Bambang," tuturnya.

Pada pergelaran pesta koktail yang digelar HMAS Ballarat dan HMAS Parramatta pada hari yang sama, Gilmore bertukar giliran menjadi tuan rumah. Pesta yang digelar di atas dua kapal yang bersandar di Terminal Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjungperak, Surabaya itu, menjadi bukti keakraban antara dua perwira tinggi angkatan laut dari dua negara yang bertetangga.

Keakraban antara keduanya, menurut Gilmore, dilatar belakangi dengan hal yang sama. "Kami berdua memiliki ketertarikan yang sama, yakni angkatan laut," ujar Bambang. "Ditambah lagi kami berdua pernah menjadi komandan kapal," tambah Gilmore, menimpali pernyataan rekan sejawatnya tersebut.

Satu hal yang tak pernah dilupakan Gilmore, yakni guyonan Bambang terkait cuaca di Indonesia. Dan candaan tersebut, sempat dilontarkan Gilmore dalam kata sambutannya di sela-sela pesta koktail. "Saya diberitahu oleh teman saya yang saya jumpai hari ini, bahwa di Indonesia ada empat musim dalam sehari. Dan saya melewati itu semua. Tapi akhirnya saya sangat senang, hujan telah berhenti dan bisa menikmati malam yang indah ini di Surabaya," ujar Gilmore dalam pidatonya, yang disambut tepuk tangan yang meriah dari para tamu pada malam itu.